Sosial media adalah suatu media
untuk interaksi sosial, sebagai superset melampaui komunikasi sosial. Yang
dimana diaktifkan dengan teknik komunikasi ubiquitously diakses dan terukur,
media sosial secara substansial mengubah cara komunikasi antara organisasi,
masyarakat, serta individu. Adapun jenis-jenis dari media sosial, sebagai
berikut :
1. Collaborative
projects kolaborasi proyek merupakan suatu media sosial yang dapat membuat
konten dan dalam pembuatannya dapat diakses oleh khalayak secara global.
Ada dua subkategori yang termasuk kedalam collaborative project dalam
media sosial yakni Wiki adalah situs yang memungkinkan penggunanya untuk
menambahkan, menghapus, dan mengubah konten berbasis teks. Wiki yang paling
populer di Internet sekarang adalah Wikipedia, tetapi wiki yang digunakan lebih
banyak dan lebih banyak untuk tujuan tertentu, sedangkan subkategori lainnya
adalah aplikasi bookmark sosial, yang dimana memungkinkan adanya pengumpulan
berbasis kelompok dan rating dari link internet atau konten media. Reddit
merupakan sebuah situs di mana link dan posting dinilai oleh penggunanya
sebagai contoh utama dari aspek media sosial collaborative project. Dalam
kenyataannya, banyak orang-orang yang percaya terhadap apa yang telah di posting
di media sosial collaborative project misalnya pada wikipedia yang dimana pada
situs tersebut apa yang telah diposting dapat dirubah oleh orang lain.
2. Blogs
and microblogs atau blog dan mikroblog merupakan aplikasi yang dapat
membantu penggunanya untuk tetap posting mengenai pernyataan apapun
sampai seseorang mengerti. Blog sendiri ialah sebuah website
yang menyampaikan mengenai penulis atau kelompok penulis baik itu sebuah opini,
pengalaman, atau kegiatan sehari-hari. Sebuah blog dapat berisikan teks,
gambar, dan bahkan video. Media sosial blogs and microblos
ini seperti Twitter, yang dimana menjadi contoh media sosial yang
sempurna dan banyak yang mempergunakannya. Apabila melihat
kenyataannya, blogs and microblogs kebanyakan digunakan oleh perusahaan
dalam memasarkan sebuah produk atau para selebritis yang selalu update
mengenai kegiatannya agar para fansnya dapat mengetahui hal-hal yang baru.
3. Content
communities atau konten masyarakat merupakan sebuah aplikasi yang
bertujuan untuk saling berbagi dengan seseorang baik itu secara jarak jauh
maupun dekat yang dimana dalam content communities ini penggunanya
dapat berbagi foto, video dengan orang yang dituju. Content
communities ini seperti Youtube yang dapat berbagi tentang video, Flickr
dan Imgur yang dapat berbagi foto, dan bahkan slide Power Point dapat
dibagiakan di situs seperti Slideshare. Dalam kenyataannya, content
communites ini digunakan oleh berbagai elemen masyarakat, perusahaan,
oraganisasi, maupun orang-orang yang populer agar dapat berbagi mengenai apa
yang dimiliki.
4. Social
networking sites atau situ jejaring sosial yang dimana merupakan situs
yang dapat membantu seseorang untuk membuat sebuah profil dan
kemudian dapat menghubungkan dengan pengguna lainnya. Situs jejaring sosial
adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk terhubung menggunakan profil
pribadi atau akun pribadinya. Dalam profil pribadinya mencakup semua jenis
informasi termasuk foto, video, file audio, dan blog. Situs jejaring
sosial ini umumnya memiliki fitur seperti instant messaging dan email.
Situs jejaringan sosial dapat membantu seseorang
untuk melakukan apa yang mereka inginkan.
5. Virtual
game worlds atau permainan dunia virtual merupakan permainan multiplayer,
yang dimana ratusan pemain secara simultan dapat didukung. Permainan
dunia virtual adalah lingkungan tiga dimensi dimana pengguna dapat berinteraksi
menggunakan avatar pribadinya. Permainan dunia virtual ini
umumnya memiliki seperangkat aturan yang ketat dan harus diikuti dalam konteks
Massively Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPG). Permainan yang
paling populer dalam kategori ini termasuk World of Warcraft dan EverQuest.
6. Virtual
social worlds merupakan aplikasi yang mensimulasikan kehidupan nyata
melalui internet. Virtual social worlds adalah situs yang
memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dalam platform tiga dimensi
dengan menggunakan avatar yang mirip dengan kehidupan nyata. Karena
komunitas-komunitas ini seperti realitas virtual, suatu perusahaan dapat
menggunakan taktik pemasaran yang serupa misalnya menggunakan uang
sebagai alat untuk menjalankan aplikasi ini agar dapat bertahan hidup.
Apabila kita memanfaatkannya dengan baik, maka aplikasi seprti ini dapat
menjadi sumber penghasilan.
Namun, sebuah blog
menyatakan bahwa jenis-jenis media ada sepuluh, yaitu:
1.
Wikis
Website yang
memperbolehkan siapa saja untuk mengisi atau mengedit informasi di dalamnya,
berlaku sebagai sebuah dokumen atau database komunal. Misalnya Wikipedia.
2. Blog
Merupakan bentuk
terbaik dari media sosial, berupa jurnal online, dengan pemuatan tulisan
(postingan) terbalik, yaitu tulisan terbaru ada di halaman terdepan.
3. Microblog
Situs jejaring
sosial dikombinasi blog, yang memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk
mengirimkan ‘update’ secara online melalui SMS, pesan instan, email atau
aplikasi. Contohnya Twitter.
4. Konten
Komunitas yang
mengorganisir dan berbagi isi jenis tertentu. Misalnya: Flickr untuk foto-foto,
YouTube untuk video, SlideShare untuk presentasi, kompasiana untuk tulisan,
Scribd untuk document, instagram untuk foto.
5. Situs
jejaring sosial
Aplikasi/ situs
yang mengizinkan dan memberi fasilitas kepada penggunanya untuk membangun
halaman web pribadi dan kemudian terhubung dengan teman-temannya untuk berbagi
konten dan komunikasi. Contohnya: MySpace, Facebook, Linkendln, Bebo, dll.
6. Virtual
game world
Dunia virtual,
dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk
avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya
di dunia nyata. contohnya game online.
7. Virtual
social world
Dunia virtual
yang dimana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual
game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih
bebas, dan lebih ke arah kehidupan, contohnya second life.
8. Podcasts
berupa file-file
audio dan video yang tersedia atau dapat diakses dengan cara berlangganan
(subscribe) email, melalui Apple iTunes.
9. Forum
Sebuah area
untuk diskusi online, seputar topik dan minat tertentu. Forum sudah ada jauh
sebelum media sosial populer, dan menjadi elemen yang kuat dan populer di
kalangan komunitas online. Contohnya seperti kaskus, forum komas, forum viva.
10. Integrasi
media social
Sebuah situs
yang mengintegrasikan semua media untuk satu aktifitas sehingga tidak perlu
repot untuk posting di beberapa media. Contohnya hootsuite.v
Sumber:
http://afandi41808047.wordpress.com/2011/12/08/enam-jenis-media-sosial/
0 komentar:
Posting Komentar