Karakteristik umum yang dimiliki
media jenis ini, yaitu:
a.
Kecepatan
(aktualitas) informasi
Kejadian atau
peristiwa yang terjadi di lapangan dapat langsung di upload ke dalam
situs web media online ini, tanpa harus menunggu hitungan menit, jam atau hari,
seperti yang terjadi pada media elektronik atau media cetak. Dengan demikian
mempercepat distribusi informasi ke pasar (pengakses), dengan jangkauan global
lewat jaringan internet, dan dalam waktu bersamaan .dan umumnya informasi yang
ada tertuang dalam bentuk data dan fakta bukan cerita.
b.
Adanya pembaruan
(updating) informasi
Informasi
disampaikan secara terus menerus, karena adanya pembaruan (updating) informasi.
Penyajian yang bersifat realtime ini menyebabkan tidak adanya waktu yang
diiistemewakan (prime time) karena penyediaan informasi berlangsung tanpa
putus, hanya tergantung kapan pengguna mau mengaksesnya.
c.
Interaktivitas
Salah satu
keunggulan media online ini yang paling membedakan dirinya dengan media lain
adalah fungsi interaktif. Model komunikasi yang digunakan media konvensional
biasanya bersifat searah (linear) dan bertolak dari kecenderungan sepihak dari
atas (top-down). Sedangkan media online bersifat dua arah dan egaliter.
Berbagai features yang ada seperti chatroom, e-mail, online polling/survey,
games, merupakan contoh interactive options yang terdapat di media online.
Pembaca pun dapat menyampaikan keluhan, saran, atau tanggapan ke bagian redaksi
dan bisa langsung dibalas.
d.
Personalisasi
Pembaca atau
pengguna semakin otonom dalam menentukan informasi mana yang ia butuhkan. Media
online memberikan peluang kepada setiap pembaca hanya mengambil informasi yang
relevan bagi dirinya, dan menghapus informasi yang tidak ia butuhkan. Jadi
selektivitas informasi dan sensor berada di tangan pengguna (self control).
e.
Kapasitas muatan
dapat diperbesar
Informasi yang
termuat bisa dikatakan tanpa batas karena didukung media penyimpanan data yang
ada di server komputer dan sistem global. Informasi yang pernah disediakan akan
tetap tersimpan, dan dapat ditambah kapan saja, dan pembaca dapat mencarinya
dengan mesin pencari (search engine).
f.
Terhubung dengan
sumber lain (hyperlink)
Setiap data dan
informasi yang disajikan dapat dihubungkan dengan sumber lain yang juga
berkaitan dengan informasi tersebut, atau disambungkan ke bank data yang
dimiliki media tersebut atau dari sumber-sumber luar. Karakter hyperlink ini
juga membuat para pengakses bisa berhubungan dengan pengakses lainnya ketika
masuk ke sebuah situs media online dan menggunakan fasilitas yang sama dalam
media tersebut, misalnya dalam chatroom, lewat e-mail atau games.
Namun ada juga yang mengatakan karakteristik yaitu:
a.
Kapasitas luas
--halaman web bisa menampung naskah sangat panjang
b.
Pemuatan dan
editing naskah bisa kapan saja dan di mana saja.
c.
Jadwal terbit
bisa kapan saja bisa, setiap saat.
d.
Cepat, begitu
di-upload langsung bisa diakses semua orang.
e.
Menjangkau
seluruh dunia yang memiliki akses internet.
f.
Aktual, berisi
info aktual karena kemudahan dan kecepatan penyajian.
g.
Update,
pembaruan informasi terus dan dapat dilakukan kapan saja.
h.
Interaktif, dua
arah, dan ”egaliter” dengan adanya fasilitas kolom komentar, chat room,
polling, dsb.
i.
Terdokumentasi,
informasi tersimpan di ”bank data” (arsip) dan dapat ditemukan melalui ”link”,
”artikel terkait”, dan fasilitas ”cari” (search).
0 komentar:
Posting Komentar